Tuesday, May 02, 2006

Poskup 290406

Dandim Sikka ajukan izin ke Kapolri
* Kebutuhan 3 ton handak
* Buka jalan ke Dusun Hukur

Maumere, PK
Komandan Kodim (Dandim) 1603 Sikka, Letkol (Inf) Gindar Sembiring, akan mengajukan surat ke Kapolri untuk minta izin pengadaan tiga ton bahan peledak (handak) serta 3000 detonator untuk kebutuhan pembukaan jalan ke Dusun Hukur, Desa Sikka yang akan dilakukan dalam kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).
Sembiring mengemukakan hal ini di ruang kerjanya, Rabu (26/4). Dia ditemui terkait rencana pelaksanaan TMMD di Sikka tahun ini. Menurut Sembiring, setelah ada kepastian Pemkab Sikka mengalokasikan dana untuk membuka jalan tersebut, pihaknya menyurati Kapolri untuk meminta izin pengadaan handak dan detonator. "Untuk menghancurkan bukit batu itu butuh sekitar tiga ton handak dan 3000 detonator. Kami telah meminta izin ke Kapolri yang disampaikan melalui Kapolda NTT. Kemarin ketika Pak Kapolda ke sini saya sudah menyampaikan mengenai masalah ini," ujarnya.
Setelah izin diperoleh, maka pihaknya harus menyurati Pindad yang memproduksi handak dan detonator. "Butuh waktu sekitar satu bulan untuk pengadaan handak karena produksi baru akan dilakukan jika ada permintaan. Bahan dasarnya hanya detonator dan ammonium nitrat,"jelasnya.
Kegiatan TMMD, tegas Sembiring, kemungkinan dilaksanakan awal bulan September. Namun karena waktu TMMD hanya 21 hari, maka sebelumnya akan dilaksanakan kegiatan pra atau persiapan sehingga kegiatan bisa berlangsung lancar. "Kami sudah melakukan pemotretan dari laut dan bukit batu itu cukup sulit karena langsung berhadapan dengan laut sehingga persiapan harus matang. Bukit batu itu harus diledakkan sehingga ruas jalan bisa dibuka," jelasnya.
Untuk kegiatan ini membutuhkan bantuan masyarakat setempat meskipun ada tenaga anggota TNI agar pekerjaan lebih cepat diselesaikan termasuk bantuan alat berat. Dengan adanya pembukaan ruas jalan ini, maka ruas jalan pantai selatan tidak akan terhalang karena selama ini kendalanya ada pada bukit batu itu. (ira)

No comments: